Wednesday, June 30, 2010

Amena mena es te....


Mika ternyata gak mau ketinggalan euforia World Cup 2010. Tiap malem sebelum tidur, kebetulan pas jamnya bola. Jadi, biar Mika mau tidur dan anteng di tempat tidurnya, gue ajak Mika nonton bola sebentar. Komentar Mika kalo liat yang tendang bola, "Tendang bolanya jauh banget!" atau, kadang-kadang, hanya bilang, "Waaaauuuuwww...!"

Pernah sekali, Mika liat pemain-pemainnya baru keluar digandeng sama anak-anak kecil, Mika bilang, "Kakaknya cakep banget!" Hehehe.. Tim favorit Mika: tim mana aja... pokoknya pake seragam merah.

Dan, pas malem gue pulang kantor, bareng sama sepupu-sepupunya yang lagi pada nginep di rumah, Mika lompat-lompat di atas tempat tidur, sambil nyanyi-nyanyi, "Amena mena... es te!" Gue baru ngeh kalo ternyata Mika ngikutin lagu Waka Waka-nya Shakira!

Photo from: Guardian

Waka Waka (World Cup 2010 Theme Song)
by Shakira

You're a good soldier
Choosing your battles
Pick yourself up
And dust yourself off
And back in the saddle

You're on the frontline
Everyone's watching
You know it's serious
We're getting closer
This isnt over

The pressure is on
You feel it
But you've got it all
Believe it

When you fall get up
Oh oh...
And if you fall get up
Oh oh...

Tsamina mina
Zangalewa
Cuz this is Africa

Tsamina mina eh eh
Waka Waka eh eh

Tsamina mina zangalewa
Anawa aa
This time for Africa

Listen to your god
This is our motto
Your time to shine
Dont wait in line
Y vamos por Todo

People are raising
Their Expectations
Go on and feed them
This is your moment
No hesitations

Today's your day
I feel it
You paved the way
Believe it

If you get down
Get up Oh oh...
When you get down
Get up eh eh...

Tsamina mina zangalewa
Anawa aa
This time for Africa

Tsamina mina eh eh
Waka Waka eh eh

Tsamina mina zangalewa
Anawa aa

Tsamina mina eh eh
Waka Waka eh eh
Tsamina mina zangalewa
This time for Africa


to Papa, to Nang


Happy Birthday, Papa ...
Happy Birthday, Nang ...
We Love You So Much ...


pics from: We Heart It

Tuesday, June 29, 2010

Now Reading: Harry and the Treasure of Eddie Carver

Harry and the Treasure of Eddie Carver
(Harry dan Geng Keriput Berburu Harta Karun)

Alan Termperley @ 1997
Hidayat Saleh (Terj.)
GPU - Agustus 2008
512 hal.

Harry dan Geng Keriput kembali beraksi! Kali ini mereka punya proyek istimewa membangun sekolah dan rumah sakit gratis di Afrika. Tapi mereka tidak punya uang. Tidak kehabisan akal, Geng Keriput pun mengincar harta karun Eddy Carver, penjahat kelas kakap yang sudah tutup usia. Masalahnya, di mana harta itu berada?

Mereka pun berusaha mengikuti petunjuk yang ada. Namun Harry dan Geng Keriput tidak sendirian dalam pencarian ini, karena ternyata Percy Priestly beserta komplotannya juga menginginkan harta tersebut. Dan komplotan itu tidak segan menggunakan berbagai cara untuk mencapai tujuannya, termasuk menyandera Harry! Dari Penjara Bukit Cony sampai ke Kastil Whitewater, Harry dan Geng Keriput mengarungi petulangan berburu harta karun Eddy Carver.

Monday, June 28, 2010

Glee on Sunday: Theatricality


Bad Romance
Artist: Glee Cast
(originally performed by Lady Gaga)


Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance

I want your ugly
I want your disease
I want your everything
As long as it's free
I want your love
Love-love-love
I want your love

I want your drama
The touch of your hand
I want you leather studded kiss in the scene
And I want your love
Love-love-love
I want your love
Love-love-love
I want your love

You know that I want you
And you know that I need you
I want a bad,your bad romance

I want your loving
And I want your revenge
You and me could write a bad romance
I want your loving
All your love is revenge
You and me could write a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance

I want your horror
I want your design
'Cause you're a criminal
As long as your mine
I want your love
Love-love-love
I want your love

I want your psycho
Your vertical stick
Want you in my room
When your baby is sick
I want your love
Love-love-love
I want your love
Love-love-love
I want your love

You know that I want you
And you know that I need you
I want a bad,your bad romance

I want your loving
And I want your revenge
You and me could write a bad romance
I want your loving
All your love is revenge
You and me could write a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance

Walk walk fashion baby
Work it
Move that bitch crazy
Walk walk fashion baby
Work it
Move that bitch crazy
Walk walk fashion baby
Work it
Move that bitch crazy
Walk walk fashion baby
Work it
Imma Freak bitch baby

I want your love
And I want your revenge
I want your love
I don't wanna be friends

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

I want your loving
And I want your revenge
You and me could write a bad romance
I want your loving
and all your love is revenge
You and me could write a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Oh-oh-oh-oh-oooh!
Oh-oh-oooh-oh-oh!
Caught in a bad romance

Rah-rah-ah-ah-ah!
Roma-Roma-ma-ah!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance Pictures


Wednesday, June 23, 2010

Smurf - The Movie

Wowww.... Smurf bakal ada film-nya! Tapi, nanti, baru tahun 2011. Hihihi... ini adalah salah satu karakter kartun favorit gue sejak kecil. Koleksi komik Smurf gue lumayan lengkap... tapi itu duuullluuuu.. sebelum lagi-lagi, hilang, dipinjem gak balik atau robek-robek.

Uuuuhhh.. mudah-mudah, gue bisa nonton film ini. Kalo tahun depan, kali-kali Mika udah bisa diajak nonton juga.


Tuesday, June 22, 2010

to him


fonts from: kevinandamanda.com

Now Reading: Harry and the Wrinklies

Harry and the Wrinklies (Harry dan Geng Keriput)
Alan Temperley @ 1997
Hidayat Saleh (Terj.)
GPU - Mei 2008
336 hal.

Setelah orangtuanya meninggal, Harry dikirim ke Lagg Hall untuk tinggal bersama kedua bibinya yang sudah tua. Tadinya ia mengira hidup akan membosankan. Tapi ternyata, Bibi Florrie, Bibi Bridget, serta orang-orang di rumah itu tidak seperti dugaan Harry semula...

Ada banyak kejadian aneh yang mencurigakan. Misalnya, bukankah Bibi Florrie terlalu tua untuk menyetir mobil dengan kecepatan 220km/jam? Lalu, bagaimana nenek berumur tujuh puluh bisa memanjat dan melompat-lompat di atas pohon? Siapa mereka sebenarnya? Dan, apa sebenarnya yang mereka rencanakan di larut malam saat Harry sudah tidur? Rencana rahasia yang sengaja disembunyikan... rencana yang benar-benar mendebarkan dan seru!

Monday, June 21, 2010

[Movie] The House of Sand and Fog

Pas malem minggu, nyari-nyari acara tv yang bagus, gue 'menemukan' film ini di MetroTV. Karena gak ada pilihan lain, gue tontonlah film ini, itu pun udah di tengah-tengah. Jadi gak tau awal ceritanya kaya' gimana. Tapi, dari cerita yang hanya setengah gue tonton itu, gue bisa menangkap sedikit cerita dari film ini.

Tentang Kathy (Jennifer Connelly) yang terpaksa kehilangan rumahnya sendiri, karena tidak bisa membayar pajak atas rumah tersebut. Akhirnya, rumah itu dibeli oleh keluarga jenderal, imigran asal Iran - Massoud Amir Behrani (Ben Kingsley). Kathy dan Lester, suaminya, terus merongrong Behrani agar mau melepas rumah itu. Tapi, ternyata Behrani malah berniat menjualnya.

Kathy putus asa dan beberapa kali mencoba bunuh diri. Lester mencari jalan yang menentang hukum untuk mendapatkan rumah itu.

Kisah ini berakhir tragis banget.

Duh.. ngeliat rumah yang ada di pinggir tebing. Suram dan dingin. Gue juga jadi ikutan ngerasa tertekan ngeliat Mrs. Behrani yang gak bisa berbuat apa-apa untuk me'lunak'kan hati suaminya yang keras itu.

Mereka - keluarga imigran asal Iran itu - hanya mencoba mencari kehidupan baru di Amerika. Tapi, ancaman deportasi dari Lester, malah membuat Behrani semakin keras. Gak ada yang mau ngalah... tapi akhirnya, semua harus kehilangan...

Film ini - ternyata - pernah masuk nominasi Oskar. Film adaptasi dari novel (yang kaya'nya gak ada jadi pilihan gue mengingat filmnya aja sangat muram). Tapi, it was good to watch good movie... ya, meskipun gak dari awal.

'Fruit Basket'

Biweekly theme kali ini adalah 'makanan', khususnya makanan tradisional Indonesia. Jadi Mika 'diperkenalkan' makanan-makanan tradisional, kaya' gado-gado, gudeg, pempek... mmm.. apalagi ya? o ya, ada coto makasar, bubur menado, sate padang sama batagor. Dan, setiap ada gambar baru, Mika maju ke deket gurunya, pura-pura ambil makanan di gambar itu, terus, dia masukin ke mulut, atau dikasih ke gue, biar gue ikutan 'nyicip'.

Satu lagi yang bikin fun adalah main parasut besar sambil dengerin musik klasik. Mika seneng banget... hehehe.. kemarin waktu mau dengerin musik klasik, Miss Aver, guru Mika udah pasang lagunya, Mika udah siap-siap dengan gerakan tarinya...ehhh... tau-tau, Miss Aver bilang, "Tapi bukan ini lagunya." Hehehe.. gak jadi nari-nari deh...


Art & Craft kali ini main-main dengan cat. Pas duduk di meja, terus ngeliat mangkok-mangkok cat air, Mika bilang, "Gak jijik, ya. Nanti cuci tangan. Pake sabun. Biar bersih."

Jadi, anak-anak dikasih gambar fruit basket, terus cara ngerwarnainnya, pake sponge yang dicelupin ke cat, terus diteken-teken ke gambarnya. Hasilnya... baju Mika yang paling kotor kena cat, sampe ke pipi-pipinya.

Begitu Miss Aver bilang, "sudah?" Mika langsung taro sponge-nya, terus dia 'kabur' ke pintu, sambil bilang, "Mau cuci tangan." Hehehe.. ternyata, Mika tetap gak betah dengan kotor-kotoran, meskipun udah mau main cat.

Been There, Done That: That Silent Summer

That Silent Summer (Saat Kata-Kata Tidaklah Cukup)
Elaine Medline @ 1999
Monica Dwi Chresnayani (Terj.)
GPU - Juli 2008
184 hal.

"Anna, kenapa kau tidak pernah bicara?
Bisakah kau bicara jika kau mau?"

Sebenarnya, aku berhenti bicara bertahun-tahun yang lalu, dan aku benar-benar tak ingin menceritakannya. Itu bisa menjadi subjek cerita lain. Tapi, kisah ini bukanlah tentang aku, jadi mari kita lanjutkan...


Pada suatu liburan musim panas Minnow pergi mengunjungi neneknya yang tinggal bersama dua saudaranya, Anna dan Cliff. Minnow nyaris tidak mengenal ketiganya, tapi di musim panas itu dia belajar sesuatu yang telah lama diketahui Bibi Anna-nya, bahwa ada perasaan-perasaan yang kelewat besar bagi kata-kata.

=====

Dalam rangka liburan anak-anak kali ini, tiba-tiba gue mendapat ide untuk baca buku anak-anak yang bertema 'liburan', atau 'petualangan'. Pokoknya yang menyenangkan dan seru... Yaaa... meskipun gue gak berlibur, tapi... setidaknya gue bisa merasakan 'fun'-nya liburan sekolah. Dimulai dari buku yang ini, yang gue baca pas hari minggu kemarin dan selesai dalam perjalanan ke kantor. Pengennya sih selesai pas hari minggu, tapi, apa daya, kalo di rumah, weekend, udah sibuk nemenin Mika main....

Sebenernya, gue pengen baca The Lost Symbol. Tapi, bukunya ketinggalan di kantor. Pas di rumah, lagi memandang rak buku, nyari-nyari apa yang mau dibaca... eh... terbersitlah ide ini.. hehehe...




Thursday, June 17, 2010

Now Reading: Girl Friday

Girl Friday
Jane Green @ 2009
Penguin Books - 2010
401 hal.

Since her divorce a year ago,
Kit Hangrove feel she has
finally got her life back on track

Gone is the lonely Wall Street widow she used to be, and her place is a happier, more fulfilled woman, with a new job she loves - working for ├╝berfamous novelist Robert McClore - a small but cosy new home with her children, and the beginnings of a tentative friendship with her ex-husband. She even has time for yoga classes with her new best friend Tracy. The only thing missing is a man. And when Tracy introduces her to Steve - charming, romantic and attentive - Kit wonders if he could be the final piect of the jigsaw.

But Kit doesn't know that Tracy is hiding a secret, one that could destroy their friendship, her happiness with Steve, even her new life. Torn between suspicion and love, Kit doesn't know which way to turn. For there are some betralays that a friendship can't survive.


Tuesday, June 15, 2010

Wish You were Here

Ku Ingin Kau Tahu
by: Adrian Martadinata

Selama aku pergi
Ku akan mengingatmu
Tak hanya sementara
Selalu dan selalu kurindukan
Senyummu untukku di sini

Ku ingin kau tahu
Meski pun ku jauh
Ku ada di hatimu
Ku ingin kau tahu
Meski pun kau jauh
Kau tetap milikku
Selamanya

Ku bernyanyi untukmu
Untukmu yang kurindukan
Tetaplah setia menungguku
'Kan kembali

Ku ingin kau tahu
Meski pun ku jauh
Kau ada di hatiku
Ku ingin kau tahu
Meski pun kau jauh
Kau tetap milikku
Selamanya


Thursday, June 10, 2010

Now Reading: Ghostgirl: Homecoming

Ghostgirl: Homecoming
Tonya Hurley @ 2009
Berliani M. Nugrahani (Terj.)
Penerbit Atria - Cet. I, April 2010
346 hal.

Mana mungkin surga ternyata adalah sebuah kantor telepon?
Setelah lulus dari Kelas Pendidikan Kematian, Charlotte berharap pintu surga terbuka lebar untuk menyambutnya. Nyatanya, dia malah harus menangani hotline untuk remaja bermasalah. Dan yang lebih payah, sementara teman-temannya sibuk bekerja, teleponnya tidak sekali pun berdering! Rasa kesepian begitu menyiksa Charlotte jika bukan karena Maddy, teman barunya yang baik hati dan penuh perhatian.

Sementara itu, Petula terlempar ke pintu kematian gara-gara pedikur yang gagal. Scarlet pun rela mempertaruhkan hubungannya dengan Damen sekaligus nyawanya untuk menyelamatkan kakak yang dibenci-namun-disayanginya itu. Upaya Scarlet sekali lagi mempertemukannya dengan Charlotte. Dan bersama-sama, mereka menjelajahi Alam Kematian dan Alam Kehidupan demi Petula. Akankah upaya mereka berhasil? Mampukah Charlotte menahan diri dari godaan Alam Kehidupan dan Damen yang masih tampan dan menawan?

Dan yang terpenting, ketika kesempatan untuk menjadi seorang Ratu Homecoming hadir di depan matanya, mampukah Charlotte menolaknya?

Tuesday, June 8, 2010

The Next Best Thing...


"Yang terbaik setelah cinta," katanya padaku, "adalah menjadi seorang ibu."
(Perfect Match - Jodi Picoult, GPU - May 2010, hal. 229)

Monday, June 7, 2010

Now Reading: Perfect Match

Perfect Match (Pasangan Sempurna)
Jodie Picoult @ 2002
Julanda Tantani (Terj.)
GPU - Mei 2010
504 hal.

Nina Frost, pengacara untuk anak-anak yang dianiaya. Bekerja keras memastikan sistem hukum yang memiliki banyak lubang bisa menahan para pelaku kejahatan di belakang terali. Tapi ketika anak laki-lakinya yang berusia lima tahun, Nathaniel, mengalami trauma karena penganiayaan seksual, Nina dan suaminya, Caleb---seorang pengrajin batu yang tenang dan praktis---hancur, tercabik-cabik dalam amarah dan keputusasaan di hadapan sistem pengadilan yang menggelikan, sesuatu yang Nina kenal dengan baik. Dengan mudahnya kejujuran dan pembelaan absolut Nina dijungkirbalikkan, dan dengan membabi buta dia mencari sendiri keadilan bagi anaknya---apa pun konsekuensinya, apa pun pengorbanannya.

Wednesday, June 2, 2010

Now Reading: The Hunger Games

The Hunger Games
Suzanne Collins
Hetih Rusli (Terj.)
GPU - Oktober 2009
408 hal.

Dua puluh empat peserta. Hanya satu pemenang yang selamat.

Amerika Utara musnah sudah. Kini di bekasnya berdiri negara Panem, dengan Capitol sebagai pusat kota yang dikeliling dua belas distrik. Katniss gadis 16 tahun tinggal bersama adik perempuan dan ibunya di distrik termiskin di Distrik12.

Karena pemberontakan di masa lalu terhadap Capitol, setiap tahun masing-masing Distrik harus mengirim seorang anak perempuan dan anak lelaki untuk bertarung sampai mati dan ditayangkan secara langsung di acara televisi "The Hunger Games". Hanya ada satu pemenang setiap tahun. Tujuannya adalah: membunuh atau dibunuh.

Ketika adik perempuannya terpilih mengikuti Hunger Games, Katniss mengajukan diri untuk menggantikannya. Dan dimulailah pertarungan yang takkan pernah dilupakan Capitol.

Publishers Weekly's Best Books of The Year
New York Times Notable Children's Book of 2008


Bad Connection

Papa: Tadi handphone mama ketinggalan
Mama: Iya
Papa: Terus, tadi papa sms mama
Mama: ???
Papa: Mau ngasih tau kalo handphone-nya ketinggalan
Mama: ??? *tulalit*

(inspired by true story
)





Tuesday, June 1, 2010

Now Reading: Ayu Manda

Ayu Manda
I Made Iwan Darmawan @ 2010
Grasindo, 2010
330 hal.

Mengisahkan tentang gadis bangsawan bernama Ayu Manda, yang juga penari Legong di tengah perubahan sosial-politik tahun 60-an di Bali. Juga upayanya untuk bertahan dalam strata feodalisme, poligami dan cinta terlarang karena perbedaan kasta.

Dia hidup dalam lingkungan kasta, yang dalam banyak hal menguntungkan dirinya, namun pada beberapa hal sistem ini memperlakukan dirinya tidak adil, termasuk dalam hubungan cinta.

Ayu Manda juga harus berkompetisi dengan saudaranya untuk mendapat perhatian dalam keluarga poligami yang dibangun sang ayah.

Dalam dunia menari, Ayu Manda juga harus merebut perhatian dari penonton. Baik saat ia menjadi penari Legong di usia kanak kanak. Atau saat ia berubah menjadi penari Joged yang eksotis saat remaja.

Ayu Manda juga harus mengalami jadi pelarian, saat gerombolan mencarinya karena dirinya dianggap terkait partai politik terlarang.


===

Ayu Manda, novel langka tentang gadis bangsawan Bali, yang terpilih dan memilih untuk menjadi penari. Bersetting era awal tahun 60-an , pembaca dibawa larut dalam keseharian tokoh-tokohnya yang tumbuh dan berkembang bersama pasang surut keadaan, cinta dan pengianatan. Dipaparkan pula arus perubahan pemikiran para tokoh terhadap kasta, poligami dan perdebatan moderenitas serta nasionalisme secara sporadis, membuat novel ini menjadi dinamis.
* Ayu Bulantrisna Djelantik
Penari legong senior dan dokter

Bersetting kehidupan pulau Bali, novel ini secara menggairahkan memaparkan kisah klasik pergulatan karakter manusia yang nyata dan tak terlupakan dalam struktur kasta. Menggunakan bahasa yang segar dan penuh lirik, Iwan darmawan dengan tajam menyoroti perlakuan terhadap cinta terlarang, seperti bagaimana wanita di belahan dunia lain sering dimarginalkan.
* Janet DeNeefe
Pendiri & Direktur Ubud Writers & Readers Festival

Novel ini seperti mesin waktu yang membawa pembaca ke sebuah masa di Bali. Pendeskripsian detail seni budaya Bali menantang imajinasi pembaca untuk terlibat secara terus menerus dalam realita kehidupan para tokoh serta konflik – konflik yang menyertainya. Hal tersebut menyebabkan novel Ayu Manda menjadi warna baru di tengah mosaik karya tulis di Indonesia.
* Vera Verranza Jasmine
Pianist dan Penyuka baca buku

Kelincahan Iwan Darmawan dalam menggambarkan kejadian-kejadian dramatis kehidupan penari pada masa yang dinamis dalam sejarah modern Bali, membuat saya merasa terbawa ke alam pikiran orang Bali yang tersembunyi di balik senyum dan tata tutur yang halus. Dan ini menjadi sebuah pengalaman budaya yang sangat mendebarkan.
* Mari Nabeshima Ph.D.
Ethnomusicologist lulusan Tokyo National
University of Fine Art and Music.

Novel ini ditulis seorang jurnalis dan fotografer yang memiliki pemahaman yang cermat akan seni dan budaya Bali. Keberaniannya menampilkan Bali secara detail dan utuh, tentunya berasal dari kajian akademis yang didalaminya selama ini. Namun demikian, novel ini amat mudah dicerna. Lugas dan tidak bertele tele. Saya merekomendasikan novel ini sebagai bagian dari koleksi pustaka dalam mempelajari dan mempromosikan seni pertunjukan dan kebudayaan Bali.
* Prof. Dr. I Made Bandem
Budayawan - The College of the Holy Cross,
Massachusetts, USA

Short term memory loss


Sometimes I feel like Dory in Finding Nemo