Monday, June 21, 2010

[Movie] The House of Sand and Fog

Pas malem minggu, nyari-nyari acara tv yang bagus, gue 'menemukan' film ini di MetroTV. Karena gak ada pilihan lain, gue tontonlah film ini, itu pun udah di tengah-tengah. Jadi gak tau awal ceritanya kaya' gimana. Tapi, dari cerita yang hanya setengah gue tonton itu, gue bisa menangkap sedikit cerita dari film ini.

Tentang Kathy (Jennifer Connelly) yang terpaksa kehilangan rumahnya sendiri, karena tidak bisa membayar pajak atas rumah tersebut. Akhirnya, rumah itu dibeli oleh keluarga jenderal, imigran asal Iran - Massoud Amir Behrani (Ben Kingsley). Kathy dan Lester, suaminya, terus merongrong Behrani agar mau melepas rumah itu. Tapi, ternyata Behrani malah berniat menjualnya.

Kathy putus asa dan beberapa kali mencoba bunuh diri. Lester mencari jalan yang menentang hukum untuk mendapatkan rumah itu.

Kisah ini berakhir tragis banget.

Duh.. ngeliat rumah yang ada di pinggir tebing. Suram dan dingin. Gue juga jadi ikutan ngerasa tertekan ngeliat Mrs. Behrani yang gak bisa berbuat apa-apa untuk me'lunak'kan hati suaminya yang keras itu.

Mereka - keluarga imigran asal Iran itu - hanya mencoba mencari kehidupan baru di Amerika. Tapi, ancaman deportasi dari Lester, malah membuat Behrani semakin keras. Gak ada yang mau ngalah... tapi akhirnya, semua harus kehilangan...

Film ini - ternyata - pernah masuk nominasi Oskar. Film adaptasi dari novel (yang kaya'nya gak ada jadi pilihan gue mengingat filmnya aja sangat muram). Tapi, it was good to watch good movie... ya, meskipun gak dari awal.

No comments: