Thursday, May 14, 2009

Dari '9 Matahari'...


Gue baru aja selesai menamatkan buku '9 Matahari'. Buku yang gue pilih karena judulnya yang simple tapi menarik perhatian gue. Seolah-olah dari judulnya aja, gue bisa merasakan ada suatu 'semangat'.

Tapi, gue sempat mereka jenuh dan nyaris meletakkan buku ini tanpa menyelesaikannya. Karena ceritanya lamban, dan 'hanya' menceritakan hari-hari seorang Matari Anas - seolah membaca riwayat hidup, memoar seseorang yang gak kita kenal. Bener, deh.. gue sempet membaca beberapa halaman secara sekilas...

Sampai gue menemukan suatu bagian, waktu Tari lagi bener-bener down. Kuliah tersendat - gara-gara belom bayar uang kuliah, hutang ditagih terus tapi bingung mau bayarnya gimana. Sampai-sampai, semua itu mempengaruhi kondisi kejiwaan Tari. Dan... ketika sembuh dan dapet 'pencerahan' dari Tante Hesti... di bagian itu, gue pun ikut mendapat 'pencerahan'... bagian di mana ada 'tiga aturan main kehidupan'. Pertama: 'tidak menggunakan jarimu untuk menunjuk dan menyalahkan orang lain'. Kedua: 'putuskan rantai dendam' - dan yang ketiga: 'Ikhlas' (dikutip dari halaman 179 - 180).

Gue jadi berpikir... gue tau kehidupan gue akhir-akhir ini bukanlah fase kehidupan terbaik yang pernah gue rasakan. Saat-saat terbaik gue adalah bersama Mika, selebihnya, gue ngerasa 'kosong' dan bingung. Di tengah 'ketidakbaikan' ini, gue terus mencari berbagai solusi dan jawaban atas sebuah pilihan, yang sampai detik ini, gue gak tau jawabannya - mungkin gue gak akan pernah menemukan jawaban terbaik, karena banyak yang akan dikorbankan, banyak hati yang terluka apa pun jawaban gue.

Tapi, mungkin bener, kalo gue resapi, gue masih belom ikhlas menerima apa pun yang menimpa gue akhir-akhir ini. Gue selalu menghindar, selalu masih meyakinkan 'ini semua bukan salah gue'. Tapi... gimana cara biar gue ikhlas? Bener-bener ikhlas, gak dendam, dan mencoba percaya apa pun ini adalah yang terbaik dan gue harus kuat...

Makanya, gue nulis 'quotation' di postingan gue sebelumnya. Gue hanya mencoba mencari semangat dengan gue nulis dan mengingat quotation itu...

9 Matahari... really gives me something... dan gue akan mencoba tetap semangat seperti Matari...

No comments: